Tips Mengatasi Diabetesi Melitus Ibu Hamil

Advertisement

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit berbahaya yang dikarenakan sel-sel pada organ pankreas mengalami kerusakan yang sangat parah dan dapat mengakibatkan hormon insulin tidak dapat diproduksi. Padahal hormon insulin sangat berperan penting di dalam mengatur kadar gula dalam darah. Apabila hormon insulin berkurang maka secara otomatis kadar gula di dalam darah akan mengalami peningkatan secara drastis. Sehingga banyak masyarakat yang menyebut penyakit ini sebagai penyakit gula darah.

Penyakit diabetes mellitus tersebut dapat menyerang siapapun. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua hingga orang hamil juga dapat terkena penyakit tersebut. Pada orang hamil kondisi ini disebut dengan penyakit diabetes gestasional. Apabila anda terdiagnosis menderita penyakit tersebut pada saat kehamilan maka anda harus berwaspada. Gejala yang menunjukan bahwa anda mengalami penyakit diabetes gestasional pada saat hamil tua maupun muda diantaranya seperti mual, lelah dan sakit punggung yang teramat sangat. Bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes melitus pada saat kehamilan berikut adalah tips untuk mengatasinya.

Perhatikan asupan karbohidrat
Asupan karbohidrat pada penderita diabetes terutama pada ibu hamil tidak dapat dicerna dengan baik oleh organ pankreas menjadi sebuah energi. Maka dari itu apabila saat ini anda mengalami diabetes gestasional, akan sangat penting apabila mengurangi asupan makanan berkarbohidrat tinggi.

Perhatikan asupan gula
Pada dasarnya kadar gula darah yang meningkat dapat muncul karena kadar gula berlebih di dalam darah secara otomatis apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan banyak mengandung gula. Maka kadar gula di dalam darah akan semakin meningkat. Terlebih apabila anda mengalami diabetes pada masa kehamilan maka akan sangat penting untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Akan tetapi apabila anda tetap menginginkan mengkonsumsi makanan manis, Anda dapat menambahkan pemanis rendah kalori Tropicana di dalam makanan maupun minuman anda. Tropicana akan membuat kadar gula di dalam darah dapat terkontrol dengan baik.

Konsumsi makanan tinggi serat
Makanan berserat seperti yang terdapat di dalam buah pepaya dan jeruk disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bagi anda penderita diabetes gestasional. Hal tersebut dikarenkan makanan tersebut mampu menetralisir kadar gula didalam darah.
Advertisement
IBX5832D8E817000