Inilah Dampak yang Ditimbulkan Setelah Operasi Kanker Serviks

Advertisement

Kanker serviks atau yang biasa disebut dengan kanker mulut rahim adalah penyakit pembunuh kedua pada wanita setelah kanker payudara. Kanker serviks terjadi karena disebabkan oleh adanya HPV (Human Papiloma Virus) pada vagina. Pada umumnya gejala kanker mulut rahim disebabkan karena masalah kebersihan pada vagina, seperti contoh penggunaan underware selama dua hari. Padahal idealnya underware harus diganti setiap hari guna mencegah timbul dan berkembangnya bakteri pada underware tersebut.

Masalah lain yang bisa menimbulkan kanker serviks adalah merokok. Wanita yang sudah bertahun-tahun lamanya menjadi perokok aktif 3 kali lebih beresiko terserang kanker mulut rahim. Oleh sebab itu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum merokok, karena rokok bisa merusak kesehatan tubuh anda. Zat karsinogen yang terdapat pada rokok bisa menyebabkan aktivasi HPV pada serviks mengalami peningkatan.

Jika anda sudah mengalami gejala kanker mulut rahim segera lakukan pengobatan yang tepat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi para penderita kanker mulut rahim banyak metode pengobatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah histerektomi atau pengangkatan rahim. Histerektomi pada umunya dilakukan pada operasi pertama kanker mulut rahim. Operasi selanjutnya yaitu histerektomi radikal, operasi ini mengangkat rahim, leher rahim, ovarium, tuba valopi, dan nodus limfa. Setelah melakukan operasi histerektomi radikal, para penderita akan mengalami banyak efek samping yang diantaranya adalah pendarahan, cidera pada ureter, infeksi, dan juga penggumpalan darah. Selain itu, histerektomi juga akan menimbulkan beberapa dampak lanjutan dan jangka panjang. Dampak tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak mampu menahan ketika ingin buang air kecil
  2. Kulit seperti terbakar pada bagian panggul
  3. Kemandulan
  4. Vagina menjadi lebih kering sehingga menyulitkan saat akan melakukan hubungan seks
  5. Mempersempit vagina yang menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks
  6. Pembengkakan pada bagian lengan dan kaki akibat limfedema
  7. Merusakorium yang berakibat pada menopouse dini.

Nah itulah indikasi kanker mulut rahim dan dampak yang ditimbulkan setelah operasi

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Oleh sebab itu cegahlah kanker mulut rahim dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu anda juga bisa mengikuti program masa depan Futuready, karena bersama Futuready anda akan mendapatkan banyak keuntungan salah satunya bisa berinteraksi langsung dengan para ahli dibidang kesehatan. Futuready adalah program masa depan yang cocok untuk anda gunakan demi memperoleh hidup yang lebih sehat.
Advertisement
IBX5832D8E817000