Coklat, Makanan Anti Sedih dan Berguna untuk Kesehatan

Advertisement


Apakah Anda mengalami bad mood? Jika iya, cerahkan kembali suasana hati dengan memakan coklat. Ketika Anda memakan kue coklat kering, es krim coklat, atau olahan bahan coklat lainnya, hormon endorfin di otak akan dilepaskan, dan membuat mood Anda menjadi jauh lebih baik. Apalagi jika Anda memilih mengonsumsi dark chocolate yang mempunyai kandungan kakao sampai 70%. Semakin tinggi kandungan kakaonya, semakin ampuh pula coklat tersebut.

Mungkin Anda sering mendengar orang-orang yang beranggapan bahwa coklat harus dihindari, karena membuat kulit jerawatan, membuat badan tambah gemuk, dan merusak gigi. Padahal, semua itu hanya akan terjadi jika Anda mengonsumsi kue kering rasa coklat secara berlebihan misalnya, atau makan es krim tapi tak menyikat gigi Anda sesudahnya. Banyak penelitian yang memberikan bukti bahwa coklat sangat berkhasiat, apalagi karena adanya kandungan fitokimia flavanoids, yang merupakan antioksidan luar biasa bagi tubuh.

Masih ragu dengan kegunaan coklat? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari coklat bagi tubuh Anda:

   1.       Mencegah resiko sakit jantung
Dari penelitian di John Hopkins University School of Medicine, konsumsi dark chocolate bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung sampai 50%, karena proses pembekuan trombosit dalam darah dilambatkan, mengurangi kemungkinan pembekuan yang memblokir aliran darah ke jantung.
   2.       Melindungi kulit
Tahukah Anda bahwa flavanol bisa mengurangi efek sinar ultraviolet matahari ke kulit? Asalkan coklat yang Anda konsumsi mempunyai kadar flavanol tinggi.
   3.       Melancarkan aliran darah
Pembuluh darah di otak semakin melebar dengan konsumsi coklat hitam, membuatnya semakin lancar. Efeknya akan terasa sekitar 2-3 jam setelah Anda makan coklat.
   4.       Meningkatkan mood
Seperti yang sudah dikatakan di atas, coklat bisa membantu Anda mencegah stress dan depresi, karena adanya serotonin di dalam coklat yang membantu melepas endorfin di otak.

Sebenarnya, manfaat coklat tidak hanya keempat hal tersebut saja. Coklat juga bisa membantu dalam mengatasi kelelahan yang sangat, meningkatkan produksi untuk insulin di tubuh, dan mengurangi resiko Anda terkena kanker. Tentu saja, asalkan Anda memakan coklat yang tidak hanya terdiri dari kue coklat kering, tetapi coklat gelap dengan kandungan kakao yang tinggi.

Artikel Terkait: http://www.samalidan.com/2015/11/hitung-kalori-dari-snack-cokelat-yang.html
Advertisement
IBX5832D8E817000