Radang Usus Besar Berbahaya Bagi Kesehatan

Advertisement
Penyakit Radang Usus Besar

Usus besar merupakan saluran akhir pencernaan yang berfungsi menyerap air. Meskipun fungsinya tidak se-vital jantung atau paru-paru, tapi bila terjadi abnormalitas tetap bisa membahayakan nyawa manusia. Misalnya ketika terjadi radang usus besar, kemudian penderita harus meninggal akibat kehilangan banyak darah. Karena penyakit ini menyangkut organ dalam yang sulit dideteksi, kebanyakan pasien datang dalam kondisi parah.

Apa Itu Radang Usus Besar?
Radang usus besar merupakan sebuah penyakit yang menyerang usus besar hingga anus. Terjadi luka atau borok yang merusak pembuluh darah kecil di permukaan usus sehingga mengakibatkan perdarahan. Luka tersebut bisa ringan dan sembuh sendiri dan bisa juga parah sehingga lukanya melebar dan menyebabkan penderita kehilangan banyak darah.

Penyebab
Sampai detik ini belum diketahui apa penyebab pasti dari radang kolon tersebut. Beberapa ahli menduga adanya sel abnormal yang mengarah pada gejala kanker. Ini karena sebagian penderita radang kemudian terdeteksi kanker.

Ada dugaan kuat bahwa terjadi serangan bakteri atau virus sehingga menyebabkan luka. Alasan pendapat ini karena usus besar merupakan tempat pembuangan sisa makanan yang membusuk sehingga volume parasit lebih besar. Bila anda ingin mencegahnya, gunakan sabun antiseptik lifebuoy untuk mengurangi jumlah bakteri di tangan.

Gejala
Gejala yang ditimbulkan tentu beragam, mulai dari hal paling ringan seperti sakit perut, kembung, dan diare. Pada tahap penuakit yang lebih parah, penderita akan merasa ada kelainan dalam BAB. Misalnya muncul lendir setiap kali BAB atau ada darah yang menyertai. Bila radang usus besar terletak di bagian dalam, darah yang menyertai tidak terlihat, namun warna tinja menjadi sangat gelap akibat bercampur darah yang sudah mengental.

Gejala lain yang juga kerap muncul adalah demam dan pusing. Demam menunjukkan adanya infeksi disana dan pusing mungkin terjadi akibat banyaknya darah yang keluar. Penderita juga bisa mengalami sembelit. Jadi, apapun gejala yang tampak harus diwaspadai, apalagi bila terjadi berulang.

Pada tahap awal, dimana penyakitnya masih ringan, penderita masih sangat mungkin untuk diselamatkan. Ulkus pada colitis bisa disembuhkan dengan obat-obatan kimia dan diet khusus. Dengan catatat tidak terlambat membawa pasien ke rumah sakit.
Advertisement
IBX5832D8E817000