Cara Mencuci Tangan Steril Yang Benar

Advertisement

Hal yang kebanyakan orang menganggap sepele padahal tangan menjadi media yang paling rentan untuk bakteri berkembang biak. Banyak masalah kesehatan yang disebabkan karena tangan yang kotor dan tidak dicuci bersih, salah satunya berkaitan dengan masalah kesehatan pencernaan. Banyak sekali masalah pencernaan yang disebabkan akibat tangan yang mengandung kuman tidak dicuci bersih, seperti sakit perut atau diare, cacingan, bahkan menimbulkan penyakit thyfus. Terutama menyerang anak-anak, sehingga sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat salah satunya dengan membiasakan cuci tangan steril dengan menggunakan sabun.
Biasanya setelah selesai bermain atau memegang barang yang kotor anak anda sangat malas untuk mencuci tangan, namun tahukah ibu bahwa kebiasaan seperti itulah yang membuat kuman penyakit dapat masuk ke dalam tubuh anak dengan mudah. Karena itu sebaiknya anda membimbing dan membantu anak anda untuk membiasakan cuci tangan steril dengan mengunakan sabun setiap selesai bermain atau ketika hendak makan.

Mencuci tangan yang benar bukan hanya membasahi tangan dengan air, tapi aada prosedur sehat yang mudah sekali untuk anda terapkan, yaitu :
1.    Mencuci tangan sebaiknya dilakukan pada air mengalir dan memakai sabun cair khusus cuci tangan
2.    Basahi tangan anda sampai batas pergelangan tangan
3.    Berikan sabun cuci tangan secukupnya lalu gosokkan hingga berbusa
4.    Bersihkan setiap sela-sela jari dan kuku anda
5.    Setelah itu bersihkan lagi dengan air sampai busanya benar-benar hilang
6.    Keringkan dengan tissue kering yang bersih, dan hindari menyentuh benda apapun yang beresiko mengandung kuman, setelah anda mencuci tangan

Demikian tips kesehatan yang dapat kami sampaikan semoga anda dapat membiasakan cuci tangan steril dengan benar. 
Advertisement
IBX5832D8E817000