Tips Pola Hidup Sehat Alami

Advertisement

Sehat merupakan impian semua orang, dimana tak akan ada gunanya jika kita memiliki segalanya namun terhalang oleh satu hal yaitu masalah kesehatan. Setiap orang menginginkan hidup tanpa penyakit ataupun masalah mengenai kesehatan tersebut. Karena sebagain besar dari mereka mempunyai aktifitas masing-masing dan tidak ingin terganggu hanya karena masalah kesehatan.

Sebagian besar individu saat ini banyak yang menjalani pola hidup kurang baik seperti kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, kurang olahraga, kurang istirahat, stress, makan kurang proposional dan lain sebagainya. Belum lagi keadaan lingkungan yang tidak sehat dan radikal bebas seperti asap rokok, polusi udara, radiasi sinar ultraviolet. Hal tersebut banyak dirasakan tiap individu khususnya mereka yang tinggal di daerah ibukota.

Tips Pola Hidup Sehat AlamiBelum lagi mereka yang menyukai wisata kuliner, sebagian mereka mengkonsumsi makanan yang tidak baik tidak beraturan. Sehingga timbullah beberapa penyakit berat tersebut seperti kanker, tumor, usus buntu dan lain sebagainya. Pola Hidup yang sehat juga berkaitan dengan pola makan seseorang. Jadi  kita juga harus lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan kita sehari-hari dan saya lebih merekomendasikan memasak sendiri karena itu lebih alami.

Untuk itu kita perlu perhatian khusus jika ingin hidup sehat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan lancar menjalankan aktifitas dengan beberapa Tips Pola Hidup Sehat Alami diantaranya :

Jangan Lupa Sarapan Pagi

Hal ini adalah bagian yang paling sering diabaikan beberapa mereka yang memiliki kesibukan di pagi hari, terutama mereka yang bekerja. Tidak jarang mereka meninggalkan sarapan yang dalam penerapan pola hidup sehat itu bagian yang penting. Walaupun hanya sekedar roti atau susu hal ini sangatlah penting untuk menghadapi padatnya aktifitas di pagi hari. Seperti mengkonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, sereal sarapan, yogurt, roti bakar gandum, telur rebus juga merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin melakukan diet.

Sikat Gigi Yang Benar

Banyak orang yang tidak tau cara menyikat gigi yang benar, oleh karena itu banyak acara belajar sambil bermain dari beberapa perusahaan pasta gigi untuk mengajarkan anak-anak cara menyikat gigi yang benar. Karena jika salah caranya bisa merusak gigi ataupun gusi. Jika ada kesempatan mungkin saya akan bahas mengenai cara menyikat gigi yang benar. Namun untuk sementara cukup menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan melakukannya 2 menit paling lama untuk tiap menyikat gigi terutama sehabis makan agar mulut bersih dari kuman.

Konsumsi Vitamin

Sedikitnya tiap orang minimal membutuhkan 90 mg vitamin C per hari. Untuk itu konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh. Untuk buah saya lebih merekomendasikan Jeruk dan Jambu biji karena keduanya termasuk yang kaya akan vitamin C.

Minum Air Putih, Tips Pola hidup Sehat AlamiMinum Air Putih

Beberapa pakar kesehatan mengatakan pentingnya minum air putih menjadi salah satu bagian dari pola hidup sehat. Untuk itu minumlah air putih minimal 8 gelas perhari. Terutama saat berolahraga, karena saat tersebut membutuhkan cairan yang lebih sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan yang biasa orang sebut dehidrasi. 

Pilih Makanan & Minuman Yang Tepat

Dalam memilih makanan sebaiknya selektif karena saat ini sudah banyak makanan yang mengandung bahan kimia seperti dari pewarna kimia. Dan jika membutuhkan pewarna sebaiknya menggunakan yang alami seperti coklatnya bubuk coklat, merahnya strawberry, kuningnya kunyit dan hijaunya daun suji. Kemudian kurangi makanan berlemak tinggi seperti santan, margarine, mentega. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan dan lain sebagainya. Dan untuk minuman seperti yang saya jabarkan tadi cukup air putih karena itulah yang terbaik

Rajin Berolahraga

Olahraga Sehat, Tips Pola Hidup SehatDengan rajin berolahraga akan menjaga kondisi tubuh kita, namun usahakan untuk berolahraga di pagi hari. Karena pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Walaupun hanya seminggu sekali diakhir pekan, entah hanya joging atau jalan sehat itu sudah cukup untuk menjaga kondisi tubuh kita. Lakukan lah olahraga secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap bugar.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dan teratur juga perlu diterapkan, jangan bergadang atau tidur terlalu larut. Apalagi bagi mereka yang memiliki aktifitas pagi hari. Dan cara tidur yang baik juga perlu diterapkan seperti sebaiknya miring kekanan agar mengistirahatkan lambung, otak kiri, menjaga saluran pernapasan dan lain sebagainya. Dan tentunya jangan terlalu banyak pula, karena badan akan terasa berat dan malas beraktifitas.

Beberapa cara tersebut juga diajarkan Agama Islam yang kebetulan memang pernah saya pelajari dan saya sisipkan dalam beberapa tulisan diatas. Tentunya tips tersebut sudah dilakukan banyak orang untuk menjaga kondisi kesehatannya masing-masing. Namun ada beberapa tambahan yang saya masukkan agar Pola Hidup Sehat bisa lebih maksimal. Dan tentunya apapun caranya untuk menggapai kesehatan sebaiknya dilakukan secara alami, karena banyak cara instan yang mengakibatkan efek negatif pada tubuh kita.

Saat ini juga banyak produk-produk kesehatan secara instan, seperti minuman berenergi dan lain sebagainya. Padahal hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan mereka. Dalam sebuah kasus tetangga saya ketika ingin berolahraga selalu minum minuman berenergi tersebut namun tak lama karena terlalu sering ia terkena penyakit ginjal yang mengharuskan cuci darah sebulan sekali. Miris memang, namun masih bisa kita cegah dengan menjalani tips yang saya berikan.

So teman-teman ingin pilih yang mana?Hidup Sehat? Lakukan Tips Pola Hidup Sehat Alami yang saya berikan. Semoga Bermanfaat.
Advertisement
IBX5832D8E817000